Pemko Medan Diminta Persiapkan SDM Andal Menuju Generasi Emas 2045

42
Rapat Paripurna pembahasan Ranperda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan Tahun 2025-2045.

tobasatu.com, Medan | Pemerintah Kota Medan diminta mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal menuju generasi emas tahun 2045.

Jurubicara Fraksi Partai Demokrat Dodi Robert Simangunsong saat membacakan pandangan fraksinya  terhadap Ranperda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan Tahun 2025-2045, menyebutkan Pemko Medan harus mempersiapkan SDM yang andal agar mampu bersaing secara global baik dari sisi perekonomian, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan budaya.

“Ranperda ini menjadi sangat penting untuk dibahas karena menyangkut kondisi keberlanjutan pembangunan Kota Medan 20 tahun yang akan datang,” sebut Dodi Robert Simangunsong yang kembali terpilih sebagai anggota DPRD Medan periode 2024-2029, Selasa (25/6/2024).

Terkait hal itu Dodi Robert Simangunsong menyambut baik Ranperda RPJPD Kota Medan Tahun 2025-2045 yang memberikan sasaran pokok serta arah kebijakan yang nantinya akan dijabarkan ke dalam arah kebijakan jangka menengah yang dimulai dengan tahapan, penguatan pondasi transformasi, Percepatan transformasi, Peningkatan daya saing, Perwujudan Medan Kota global, inklusif, maju dan berkelanjutan.

Maka itu dengan visi Medan Kota global, inklusif maju dan berkelanjutan pada Ranperda RPJPD Kota Medan 2025-2045 akan menjadi sangat penting bagi kita dalam menentukan Kota Medan di tahun  2045 sekaligusmempersiapkan generasi emas.

Dikatakan, dari visi tersebut jelas tergambar bahwa Kota Medan akan menjadi Kota yang akan terkoneksi secara global baik dari sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan kebudayaan. Kemudian Kota Medan, akan menjamin keterbukaan serta kebebasan tanpa ada diskriminasi bagi seluruh warganya terutama dalam menerima layanan publik.

Kemudian Kota Medan kota yang maju dalam hal transportasi publik serta pembangunan Kota Medan yang berkelanjutan 20 tahun yang akan datang.

Selain itu kata Dodi Robert, perlu terkait kemampuan Pemko Medan dalam penyediaan anggaran yang cukup untuk menjadikan Kota Medan yang maju serta melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

BACA JUGA  Bobby Nasution Ungkap Strategi Pemko Tangani Kemiskinan Saat Paripurna Dewan

“Jika kita merefleksi kondisi anggaran pendapatan dan belanja daerah dari tahun ke tahun, peningkatan pendapatan daerah naik setiap tahunnya berkisar di angka Rp200 sampai Rp 500 miliar lebih. Artinya jika di tahun 2024 pendapatan daerah kita sebesar Rp6 triliun lebih maka di tahun 2035, pendapatan daerah berkisar Rp12 triliun lebih dan peningkatan di tahun 2045 hanya bisa mencapai Rp 16 triliun lebih,” jabarnya.

Maka dengan perkiraan kemampuan anggaran pendapatan yang diperoleh, maka Kota Medan harus perlu kerja keras dalam menghadapi tantangan serta mewujudkan visi RPJPD 2025-2045.

Untuk menyempurnakan RPJPD Kota Medan tahun 2025-2045 menjadi lebih baik. Fraksi Demokrat akan memberikan masukkan, kritikan yakni menetapkan visi RPJPD 2025-2045 kota global, Kota Medan diharapkan mampu berkembang menghadirkan mutu kehidupan yang lebih baik.

Pemko didorong mampu menyediakan lapangan kerja yang berkualitas, lebih ramah lingkungan dan rendah emisi karbon, adil untuk semua golongan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta daya dukung infrastruktur yang lebih optimal lagi.

Diakhir pemandangan umumnya, Dodi Robert Simangunsong berharap pembahasan Ranperda dapat maksimal dan komprehensif, dengan melibatkan seluruh stake holder yang ada. (ts-02)