Mujianto Wiji: Parpol Harus Prioritaskan Cawagub Non-Partisan di Pilkada Sumut

304
Mujianto Wiji: Parpol Harus Prioritaskan Cawagub Non-Partisan di Pilkada Sumut

Tobasatu.com, Medan – Menjelang pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut), Brigade Gabungan Rakyat dan Akademisi Sumatera Utara (Brigade Garkamsu) menyerukan agar bakal calon gubernur (bacagub) memilih wakil dari kalangan masyarakat non-partisan atau kader ormas. Seruan ini disampaikan oleh Mujianto Wiji, SE, Pembina Brigade Garkamsu, dalam upaya meningkatkan kualitas demokrasi dan kepemimpinan di Sumut.

Mujianto Wiji menekankan pentingnya menjaga semangat kolaborasi dan mempertimbangkan kondisi serta kemajemukan masyarakat Sumut dalam pemilihan pasangan calon.

“Parpol pendukung bacagub harus fokus pada peningkatan kualitas demokrasi dan kepemimpinan yang baik untuk mewujudkan masyarakat Sumut yang sejahtera,” ujar alumni Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) ini.

Salah satu nama yang mencuat sebagai bakal calon wakil gubernur adalah H. Adi Saputra, Ketua DPP Pujakesuma, yang telah mendaftarkan diri ke partai pendukung sejak Mei 2024. Mujianto Wiji, yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Banten, menilai H. Adi Saputra layak mendampingi Calon Gubernur Sumatera Utara.

“H. Adi Saputra memiliki visi yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan telah aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan,” tambah Mujianto Wiji.

Pemilihan calon wakil gubernur dari kalangan non-partisan atau ormas diharapkan dapat membawa perspektif baru dan memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Langkah ini juga dianggap sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi publik dalam pemerintahan dan pembangunan daerah.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut telah menetapkan jadwal pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berlangsung pada bulan agustus 2024. Masyarakat Sumut diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mengawasi proses pemilihan dan memilih pemimpin yang berkualitas.

Pilkada Sumut 2024 menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang mampu menjawab berbagai tantangan pembangunan, termasuk peningkatan ekonomi, pemerataan infrastruktur, dan peningkatan kualitas pendidikan serta kesehatan di seluruh wilayah Sumatera Utara. (ts-03)

 

BACA JUGA  JR Saragih Tolak Isi Berita Acara Penetapan Hasil Putusan Bawaslu