Pemprov Sumut Sediakan Angkutan Mudik Gratis, Berikut Rute yang Dilintasi

204
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumut Agustinus bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut Ilyas Sitorus saat Konferensi Pers bersama wartawan terkait Kesiapan Pemprov Sumut dalam Penyediaan Sarana dan Prasarana Transportasi Mudik Lebaran Tahun 2024 di Ruang Rapat I, lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro No. 30, Medan, Kamis (4/4/2024).

tobasatu.com, Medan | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyediakan angkutan untuk mudik secara gratis untuk masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman dalam rangka merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah. Hal ini dilakukan guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus pada konferensi pers di Ruang Rapat I, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Kamis (4/4/2024). Menurut Agustinus, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menyediakan angkutan mudik gratis untuk 2.555 penumpang pada Lebaran tahun ini.

Adapun tujuan rute yang disediakan antara lain Padangsidimpuan, Panyabungan (Mandailing Natal), Rantauprapat (Labuhanbatu), Kota Pinang (Labuhanbatu Selatan), Gunungtua (Padanglawas Utara), Sibolga, Barus (Tapanuli Tengah), dan Salak (Pakpak Bharat).

“Prioritas kelancaran lalu lintas angkutan penumpang selama masa arus mudik dan arus balik juga dilakukan. Untuk itu, akan dilakukan pembatasan angkutan barang, mulai 8 hingga 15 April 2024,” ujar Agustinus, yang hadir bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus.

Disampaikan juga, Pemprov Sumut bersama pihak terkait juga menyediakan Posko monitoring angkutan, pos pelayanan, pengamanan, dan pos terpadu, untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik. Juga  memastikan kelaikan operasional moda transportasi dan kesiapan simpul transportasi di terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga perlu diantisipasi. Mulai dari potensi gangguan transportasi, ruas jalan rawan macet, rawan laka lantas, rawan longsor/banjir, perlintasan sebidang kereta api, cuaca ekstrem, dan kawasan wisata.

Pemprov Sumut juga mengimbau masyarakat untuk melakukan perencanaan perjalanan dengan baik,  menghindari puncak arus mudik dengan berangkat lebih awal. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 6 hingga 8 April 2024. Sementara arus balik diperkirakan pada 14 April 2024.

BACA JUGA  Dishub Sumut Jual Tiket Kereta Api Promo di Arena PRSU

Kemudian, jika menggunakan angkutan pribadi, pastikan kesiapan kendaraan, perlengkapan kendaraan dan kesehatan pengemudi. “Kami juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dan berprilaku tertib di jalan. Memastikan kelaikan operasional moda transportasi dan kesiapan simpul transportasi. Serta memastikan kesiapan jalur mudik dan antisipasi terhadap daerah rawan kecelakaan lalu lintas, macet dan  bandara,” ujar Agustinus. (ts-02)