Cara Pemakaian Asam Jawa untuk Pengobatan 12 Penyakit

20270
asam jawa obat banyak penyakit.(fhoto:ts/gl)

tobasatu.com | Hampir semua orang kenal dengan asam jawa. Tanaman khas daerah tropis bisa tumbuh besar dengan daunnya yang rindang, juga memiliki batang pohon cukup keras. Buahnya berwarna cokelat dengan rasa khasnya yang masam. Sementara bunganya berwarna kuning.

Umumnya, orang banyak menggunakan daging buahnya untuk bumbu masakan. selain itu, buah tersebut juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi berbagai penyakit, karena mengandung Asam malat, asam sitrat, asam asetat, asam suksinat, asam tartrat, vitamin B3, peptin, prolin, serin, kalium, lemak dsb.

Berikut 12 penyakit dan cara pemakaian asam jawa untuk pengobatannya:
– Penyakit Wasir (Ambeien)
Bagi para penderita wasir (ambeien) yang ingin menggunakan obat alami asam jawa untuk mengatasi penyakitnya. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan. Pertama-tama sediakan daun meniran dan daun keji beling (masing – masing 6 gram), 1 gram asam jawa, dan 3 gram temulawak.

Selanjutnya, daun-daun tersebut rebus dengan satu liter air. Biarkan mendidih beberapa menit. Kemudian setelah dingin, minum air rebusan tersebut, tiga kali sehari. Lakukan secara rutin dan rasakan khasiatnya.

– Penyakit Disentri
Orang yang menderita disentri biasanya akan mengalami perut mulas, serta adanya lendir dan darah saat buang air besar. Untuk mengatasinya dengan awas jawa. Pertama ambil 5 gram asam jawa, 10 gram temulawak, dan 10 gram kunyit. Tumbuk hingga lumat, seduh dengan air panas. Saring dan tambahkan madu, minum saat airnya dingin.

– Sariawan
Bagi anda yang menderita sariawan sekarang ini, bisa mencoba mengobatinya dengan asam jawa. Caranya, ambil 5 cm kunyit, diiris – iris. Rebus bersama segenggam asam jawa, ke dalam 4 gelas air. Setelah airnya menjadi 2 gelas, saring dan biarkan dingin. Minum di pagi dan malam hari, sebanyak 1 gelas.

BACA JUGA  Infused Water Cara Populer Menurunkan Berat Badan

– Keputihan
Tidak semua wanita mengalami keputihan. Namun bagi mereka yang mengalaminya tentunya akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Ditambah lagi bau yang kurang sedap, otomatis membuat wanita jadi kurang percaya diri. Masalah keputihan ini bisa dituntaskan dengan menggunakan asam jawa.

Langkah yang harus dilakukan, tumbuk kunyit sepanjang 5 cm dan 25 lembar daun beluntas. Seduh bersama ½ gelas air panas, masukkan gula aren dan asam jawa. Aduk dan saring, minum sebelum tidur malam.

– Kolesterol Tinggi
Untuk menurunkan kadar kolesterol darah, anda bisa mencoba ramuan asam jawa. Caranya, tumbuk 200 gram daun asam jawa, seduh bersama 200 ml air panas. Biarkan agak dingin, saring airnya dan minum. Ulangi 3 kali sehari.

– Mengatasi Eksim
Penyakit kulit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi asam jawa yang dipadu dengan umbi temulawak. Tumbuk kedua bahan alami tersebut, tambahkan gula aren. Rebus bersama 2 gelas air sampai airnya tersisa separuhnya. Minum airnya saat dingin. Hasil tumbukan bahan ini juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi penyakit kulit ini.

– Biduran Dan Alergi
Penyakit biduran atau dalam bahasa medisnya urtikaria. Dimana,kulit terasa gatal, bintik – bintik kemerahan yang merata di area kulit. Untuk mengatasinya, anda bisa memakai 3 buah asam jawa, ¼ sdm kapur sirih, dan sedikit garam. Rebus bersama 3 gelas air, hingga berkurang 2 gelas. Biarkan airnya dingin, saring. Minum ramuan alami ini, di pagi dan sore hari.

– Tekanan Darah Rendah
Hipotensi dapat diobati menggunakan obat tradisional. Sediakan 5 gram asam jawa, 15 gram cabe rawit, 250 gram daun bayam, garam dapur secukupnya, dan 10 gram gula aren. Pertama, rebuslah daun bayam hingga tidak terlalu matang. Lumatkan bahan lainnya, padukan dengan bayam sebagai lalapan. Pengobatan akan lebih efektif, dengan mengkonsumsi makanan tersebut bersama beras merah.

BACA JUGA  Konsumsi Kulit Melinjo untuk Mencegah dan Mengatasi Asam Urat

– Bisul
Siapapun tak pernah berharap menderita bisul, tapi bila anda sedang mengalami penyakit tersebut. Anda bisa mengatasi dengan asam jawa. caranya, tumbuk 5 gram asam jawa, 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung, dan sedikit garam dapur. Balurkan pada area kulit yang terkena bisul. Ketika ramuan menjadi kering, ganti dengan yang baru. Obat alami ini dapat membuat bisul cepat matang dan pecah.

– Nyeri Haid
Untuk mengatasi gangguan ini, tumbuk 2 jari kunyit dan segenggam asam jawa. Rebus dengan segelas air selama beberapa menit, minum airnya setelah dingin. Lakukan pengobatan secara teratur selama seminggu sebelum haid.

– Rematik
Orang tua banyak yang menderita reumatik, dimana gejala yang sering dialami termasuk nyeri pinggang dan pegal linu. Untuk meredakan rasa nyeri, gunakan bahan alami. Tumbuk 3 biji asam jawa dan segenggam daunnya, balurkan pada area tubuh yang terasa sakit. Lakukan pijatan lembut.

– Obat Cacar
Bintik-bintik merah berair menjadi ciri khas gejala cacar. Seseorang biasanya menderita penyakit kulit ini sekali seumur hidupnya. Untuk mengatasi cacar, gunakan bahan alami. Iris – iris temulawak, rebus bersama segelas air dan masukkan asam jawa dan gula aren. Tunggu hingga airnya mendidih, biarkan dingin. Minum airnya setiap hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (sumber : bn/ts)