Lomba 4 Pilar Kebangsaan Anak, Bupati Harap Nilai Luhur Bangsa Bisa Terjaga

1297
Lomba 4 Pilar Kebangsaan Anak, Bupati Harap Nilai Luhur Bangsa Bisa Terjaga
Salah seorang pelajar SD ketika membaca teks Pancasila dalam acara perlombaan 4 Pilar Kebangsaan Anak Indonesia, di Gedung Juang Asahan, Kisaran Rabu (25/10/2017).

tobasatu.com, Asahan | Gempuran budaya asing terhadap nilai nilai luhur bangsa Indonesia terus meningkat. Hal itu seiring dengan meningkatnya teknologi informasi begitu cepat.

Untuk itu, 4 pilar kebangsaan kepada anak harus ditanamkan sejak dini, sebagai generasi penerus bangsa dalam melanjutkan estafet kepemimpinan di masa mendatang.

Pandangan tersebut disampaikan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang memalui Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Muhilli Lubis saat membuka acara Lomba 4 Pilar Kebangsaan Anak Indonesia, di Gedung Juang Asahan, Kisaran Rabu (25/10/2017).

“Jangan sampai anak anak kita di Asahan ini tidak tahu apa itu Pancasila, UUD (undang undang dasar) 1945 dan Bhineka Tunggal Ika dan NKRI (negara kesatuan Republik Indonesia),” kata Muhilli.

Menurut bupati, kata Muhilli, 4 pilar kebangsaan merupakan benteng pertahanan dalam menjaga nilai nilai luhur bangsa Indonesia, sekaligus fondasi bagi anak anak dalam meminimalisasi masuknya intervensi budaya asing.

Karena itu, Pemkab Asahan menyambut baik perlombaan 4 pilar kebangsaan anak Indonesia yang diprakarsai Komite Nasional Perlindungan Perempuan dan Anak Indonesia (Komnas P2AI) Kabupaten Asahan itu. “Melalui perlombaan ini, kita berharap anak anak di Asahan ini bisa menjaga dan memelihara nilai nilai luhur bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KP2AI Asahan Alex Margolang yang juga sebagai Ketua Panita, menyebutkan, bahwa perlombaan tersebut diikuti 360 pelajar dari tingkat sekolah dasar (SD) dan tingkat sekolah menengah pertama (SMP) se Kabupaten Asahan.

Adapun jenis perlombaan, yaitu Lomba Baca Teks Pancasila, Lomba Baca Teks Pembukaan UUD 45 dan Lomba Baca Puisi. Kegiatan berlangsung selama 4 hari, dari mulai Rabu (25/10/2017) hingga Sabtu (28/10/2017). (ts-20)

BACA JUGA  Pemkab Asahan Berikan Bantuan Beras Kepada 1000 Warga Kurang Mampu